​Museum Mini Sisahartaku di Pegunungan Merapi

Berjalanlah ke utara. Menghadap Merapi dari dekat sekali, sejauh turis lokal se-Indonesia bisa menjangkaunya; dengan jeep, motor trail, sepeda, atau kendaraan apa pun sekuatnya. 

Ketika matahari Minggu Pahing naik sepenggalah, singgahlah di Warung Kopi Merapi di Dusun Petung, Kinahrejo. Dikelola Bapak Sumijo, warkop ini menyuguhkan kopi khas Merapi–sebut saja kopi Merapi. Pak Sumijo adalah ketua Koperasi Kebun Makmur yang menanam kopi dari permukaan vulkanik pegunungan aktif di Jawa. Ia mengolah kopi Merapi secara tradisional; dari mengeringkan hingga memasaknya menjadi kopi siap saji. 

Jika sudah segar, dan membawa oleh-oleh kopi yang sudah dikemas, mari pindah ke sebelah timur, ke Museum Mini Sisahartaku. Dari namanya kita tahu bahwa museum ini menyimpan memori bencana di tahun 2010; tentang batu yang berterbangan dari lubuk Merapi di malam gelita 5 November 2010 yang mengubur sebuah peradaban dan menirwanakan Mbah Marijan. 

Museum berupa deretan barang rongsokan ini menerbitkan keperihan serupa sembilu yang mengiris kulit. Tentang penduduk dan buku yang membeku dalam selimut debu, ternak yang terbakar, bebatuan yang meratakan rumah, pohon yang terbakar, koin dan kompo yang meleleh oleh api bumi. 

Museum mini ini kemudian menjadi serupa nama dunia yang 100 meter dari tempat ini direpresentasikan: “The Lost World Castle”. Bangunan yang dipagari batu-batu dengan umbul warna-warni di pucuk-pucuknya yang mirip sebuah istana batu ini adalah usaha mengubah duka menjadi kekuatan ekonomi baru. Dari duka menjadi suka. Dari tangis menjadi tawa. 

Pelancong Merapi disuguhkan spot untuk menguras seluruh keinginan untuk hadir dalam sebuah memori kelam; sementara warga dan pemerintah yang mengelola kawasan ini diberi optimisme bahwa wisata alam bencana mendatangkan kehidupan baru di luar cocok-tanam.

Datang dengan senang, lalu hadir menyaksikan sisa kelam di Museum Mini Sisahartaku, dan dipungkasi dengan wahana permainan baru di benteng The Lost World Castle yang dibuka mulai 14 Januari 2017. 

Ayo ke Merapi. Cicipi kopi Merapi di Dusun Petung (Desa Perintis) dan nikmati dalam sunyah Museum Mini Sisahartaku.