Karena Buku adalah Hasil Kerajinan Daya Budi

Buku adalah produk dari pergulatan daya budi dengan memakai perkakas bernama, ya apa saja, seperti menulis, membaca, menerjemahkan, menyadur, berbahasa.

Jika sudah berhubungan dengan perkakas, maka menulis dan teman-temannya itu adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Menulis dan teman-temannya itu jadinya bukan sesuatu kemuliaan yang ultima yang kerap disederhanakan dengan sebutan bawaan lahir atau bakat.

Dalam dunia keperkakasan, keterampilan bisa diasah secara terus-menerus hingga pada tahap mahir dan master. Dan itu lewat gesekan antara kemauan kuat belajar dan latihan yang tanpa henti. Percobaan demi percobaan dilakukan untuk mencapai suatu, APA YA, kemampuan terbaik. Peak performance.

Jika menulis dan teman-temannya itu adalah keterampilan dan perkakas, maka pasti ada buku petunjuk bagaimana mempergunakan perkakas itu dengan baik/benar. Semua perkakas yang dikeluarkan pabrik atau usaha rumahan selalu menyertakan buku petunjuk.

Buku panduan, selain berfungsi memandu supaya si pemakai tahu dan terampil, juga diperuntukkan sebagai cara memelihara perkakas dari kesembronoan yang tak perlu.

Wabilkhusus dalam soal menulis dan teman-temannya itu, buku panduan mengasah keterampilan dasar hingga mahir tersedia melimpah-limpah. Satu demi satu saya hadirkan buku-buku petunjuk bagaimana agar perkakas itu digunakan sebaik-baiknya menghasilkan produk daya budi bernama buku — dan proposal.

#PerkakasBuku

[Muhidin M. Dahlan]