Apresiasi: Irwan Bajang ~ “Lalu Ganefo. Astaga, makanan apa ini?”

GANEFO: OLIMPIADE KIRI. Lalu Ganefo. Astaga, makanan apa ini? Muhidin M. Dahlan, seperti biasa, sebagaimana nama aliasnya di Facebook, Juru Kliping, memang manusia spesial penambang, penggali kerak data. Bahkan data sejarah atau kisah yang kita sempat anggap tidak perlu diingat lagi.

Ganefo atau Games of the New Emerging Forces menjadi bukti bahwa negeri-negeri bekas jajahan bisa menyelenggarakan sebuah pergelaran olahraga skala raksasa. Ajang ini bukan semata permainan kapital layaknya Olimpiade atau FIFA, di mana kita dipaksa gembira, membeli jersey untuk menunjukkan partisipasi kita sebagai pecinta olahraga. Ganefo dibangun atas dasar partisipasi yang bersandar pada kesetiakawanan politik antarbangsa. Sukarno sebagai tokoh sentral, CEO pelaksanaan hajatan ini berhasil mengharumkan nama bangsa, jauh lebih harum dan terhormat dari asap vapor yang bikin uhuk-uhuk itu.

Muhidin bisa menemukan apa yang ia sukai lalu memutuskan kerja panjang sebelum menulis. Lengkapnya data membuat buku ini bisa jadi kamus sekaligus ensiklopedia, liputan langsung dari gelanggang, hingga respons dan apresiasi/wacana di media saat itu. Yang utama, buku dengan tema begini tidak pernah digarap orang selain Muhidin. Data dan peristiwa ini tidak pernah dibahas Kementerian Pemuda dan Olahraga sebagai sesuatu capaian yang kalau diulang—misalnya masuk program Nawacitrong—pasti bisa mengagetkan dunia.

Selanjutnya, baca salinan ini di mojok, 3 Januari 2017

Buku-Buku di 2016 yang Menyenangkan Hati