[TERBANG CINTA] Merekonstruksi Cinta Hakiki Kehidupan Sehari-hari

Cinta menenangkan jiwa, di tengah terbelit beribu persoalan politik dan kekuasaan yang sedang rancu. Seperti yang kita lihat, diluar lintas Negara kita. Kepedihan orang-orang di berbagai negara maju tersebut. Seperti peperangan Amerika dan Korea Utara, yang sedang memanas sampai kini. Di kedua negara tersebut. Kerusuhan setiap hari terjadi, dan tiap pagi kita melihatnya berita-berita dalamTelevisi. Atau, kita sekedar membacanya lewat selembar koran, dengan perasaan getir tak tertahan.

Barangkali dengan terbitnya buku Terbang Bersama Cinta, mampu menyembuhkan hati yang terluka karena peperangan yang terus menggema di kedua negara tersebut. Sebab, keluar dari pembahasan buku ini. Ingin melakukan atau bertindak segala hal apa pun, tampa di dasari rasa cinta dan kasih sayang sesama, tak mungkin berjalan dengan indah dan damai. Jika saya lihat, pertempuran tentara-tentara AS dan Korut, barangkali mereka tidak berdasarkan cinta dalam menyelesaikan persoalan.

Lalu kembali pada cinta dalam buku tersebut, Muhidin M. Dahlan mendefinisikan cinta dalam dua makna. Pertama, cinta kepada sesama manusia: di mana kita sebagai manusia pemilik cinta wajib mencintai sesamanya. Tidak memandang perbedaan warna baju yang ia kenakan, atau kepercayaan yang beragam dalam satu bangsa.

Kedua, cinta yang transendental: cinta yang merujuk pada Tuhan, sebab Tuhanlah yang menerbitkan cinta pertama kali kedalam hati manusia, sesudah Adam dan Waha merasakanya di surga sana yang pada akhirnya jatuh ke bumi dan sengsara di dunia. Begitulah kisah cinta yang dikemukakan Muhidin, dalam buku  Terabang Bersama Cinta mengenai substansi cinta hakiki.

*Norrahman Alif, Peresensi Lahir di Banuaju Barat Sumenep. Kini berdomisili di dusun Cabean, Yogyakarta.

Judul Buku  : Terbang Bersama Cinta
Penulis       : Muhidin M. Dahlan
Penerbit     :  Scripta Manent
Cetakan     : Mei 2017
Halaman    : 136 hlm
ISBN          : 978-602-61239-0-9
Peresensi  : Norrahman Alif*

Selengkapnya di nusantaranews.co